Social Icons

29 April 2014

Optimalkan Layanan Masyarakat, Perpustakaan bermiitra dengan Perpuseru, CCFI dan Bill & Melinda Gates Foundation



PAMEKASAN – Coca-Cola Foundation Indonesia bekerja sama dengan Bill and Melinda Gates Foundation mengembangkan program PerpuSeru, program yang bertujuan untuk membantu mengembangkan perpustakaan umum di Indonesia menjadi pusat belajar masyarakat berbasis Teknologi Informasi.
Selain itu untuk merevitalisasi fungsi perpustakaan umum melalui pembekalan pustakawan sehingga perpustakaan dapat memberikan layanan yang lebih baik untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat termasuk para pemuda, perempuan, dan pengusaha mikro setempat.
Sejak diluncurkan tahun 2011 yang lalu, PerpuSeru telah bermitra dengan 34 perpustakaan di 16 provinsi dan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di sekitarnya.
“Melalui program ini kami bermitra dengan sejumlah perpustakaan umum, menyediakan fasilitas IT dan ICT serta memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan kepada para staff perpustakaan agar perpustakaan dapat menjadi pusat belajar untuk masyarakat setempat dengan fasilitas dan staff yang mumpuni,” ujar Titie Sadarini selaku Direktur Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia, Senin (28/4/2014).

melalui rilis yang dikirm ke redaksi Surya Online, pada kesempatan tersebut, Jeremy Paley mewakili BMFG turut hadir dalam kunjungan ke perpustakaan mitra PerpuSeru di Pamekasan, Jawa Timur, untuk meninjau implementasi program, berbincang dengan pemerintah kabupaten dan masyarakat setempat serta membicarakan potensi perluasan program ini ke daerah-daerah lainnya di masa mendatang.
Jeremi mengungkapkan, program serupa telah dijalankan di hampir 20 negara di dunia, dan beberapa diantaranya telah berjalan dengan sangat baik hingga mampu mencapai ribuan perpustakaan berbasis digital dan membawa dampak poistif di negaranya, seperti di Ukraina, Rumania, Kolombia, dan Chile.
Retno, Capasity Building Officer PerpuSeru, mengungkapkan bahwa kunjungan ke Pamekasan merupakan agenda rutin sekaligus bagian dari tugas monitoring dan evaluasi kami.
Program ini sudah berjalan sejak November 2011 di perpustakaan daerah Pamekasan, dan hingga kini telah membawa dampak positif untuk masyarakat di sini.
Pak Wahid (31) misalnya, beliau adalah petugas parkir Perpustakaanyang memanfaatkan internet untuk menggali pengetahuan tentang beternakayam Bangkok (ayamAduan). Kini ia mengembangkanpeternakan ayam sebagai usaha untuk menambah penghasilan keluarganya”.
Hal serupa juga dialami oleh Bapak Abdul Hamit (28), pengrajin batik Pamekasan. Sebelumnya ia berjualan dengan membuka gerai batik, namun karena daerah Pamekasan tidak termasuk dalam tujuan wisata yang dipertimbangkan, pengunjungnya pun sepi.
Abdul memanfaatkan fasilitas IT dan ICT yang ada di Perpustakaan Pamekasan untuk belajardigital marketingdenganbimbingan staff perpustakaan, sehingga ia kini dapat memasarkan produknya secara online.
Dari usaha ini, pemasukannya meningkat dari 2 juta rupiah per bulan hingga 5 juta per bulan.
Manfaat lain yang telah dirasakan oleh masyarakat kabupaten Pamekasanpun beraneka ragam, seperti yang telah dikemukakan oleh para pengusaha mikro yang hadir dalam agenda hari ini, diantaranya: Bertambahnya pengetahuan resep masakan dan kue oleh pengusaha makanan, membantu tugas akademik seperti skripsi dan pekerjaan rumah bagi siswa dan mahasiswa, belajar dekorasi pengantin, belajar service komputer dll.
“Melihat antusiasme masyarakat dan manfaat yang dihasilkan, kami optimis program ini dapat dijalankan secara berkesinambungan dan dengan skala yang lebih luas. Kami berharap kerja sama dengan BMGF dapat terus berlangsung sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu melalui peningkatan kualitas layanan perpustakaan daerah. Tentu saja, untuk kedepannya kami mengharapkan dukungan dari seluruh pihak, baik pemerintah, korporasi, serta publik untuk ikut serta mengembangkan perpustakaan umum agar dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi,” tambah Titie Sadarini, Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia.
Saat ini PerpuSeru telah menggandeng Telkom Indonesia untuk membantu menyediakan sarana telekomunikasi dan internet di seluruh mitra perpustakaan PerpuSeru melalui program Indischool.
Ke depannya, diharapkan semakin banyak pihak-pihak yang bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan masyarakat daerah dan peningkatan kualitas perpustakaan umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates