Social Icons

16 November 2013

Desa Kuasai Mesin Masa Depan



PERPUSERU bekerja sama dengan Core Fasilitator Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Pamekasan dan Core Fasitator Peach bromo, menyelenggarakan acara Pelatihan komputer & Internet dengan tema Pengembangan Perpustakaan Desa Berbasis IT/ICT .
Pelatihan yang diikuti oleh lima (5) desa di Kabupaten Pamekasan, dilaksanakan selama empat (4) hari, di mulai sejak tanggal 10 s.d 13 November 2014 di ruang Aula Perpustakaan Umum Kab. Pamekasan Lantai 2. Adapun keadaan forum atau isi dari pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari, banyak ragam kejadian yang bisa dikatakan unik.
Sebab potensi dan dedikasi seseorang memang sulit untuk di terka oleh siapapun kecuali berpegang teguh kepada kekuatan niat dan tekad seseorang untuk maju dan bersaing. Pada kenyataannya untuk dunia teknologi, tidak hanya anak muda atau remaja yang dekat dengan dunia informasi dan teknologi (IT). Bahasa lumrahnya tidak gaptek.
Tapi ada sosok ibu sulha asal Desa Bajang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan Jawa Timur dengan hitungan umur kurang lebih 40 sampai dengan 50 tahun, beliau tidak buta akut tentang dunia teknologi akan tetapi bisa mengimbangi anak muda atau remaja yang juga menjadi peserta pelatihan.

Ungkap ibu sulha untuk dunia komputer atau internet dasarnya dia sudah punya sedikit dasar karena dia pernah ikut kursus di lembaga kursus yang ada di Kabupaten Pamekasan, sehingga beliau dalam pelatihan ini terbatas tinggal mengingat-ngingat kembali karena sudah lama tidak bersentuhan dengan yang namanya komputer pasca berhenti dari kursusannya, karena alasan jarak yang terlalu jauh untuk di tempuh.
Perpuseru yang di motori oleh Coca-cola Foundation Indonesia dan Bill and Melinda Foundation bekerja sama dengan Perpusda dan Peacbromo, selain menyelenggarakan pelatihan komputer dan internet dasar yang tujuan membangun infrastruktur kehidupan masyarakat desa secara khusus dan masyarakat dunia secara umum, dengan visi misi pembaharuan dan mendorong kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan, pendidikan dan ekonomi.
Perpuseru indonesia akan mendorong masyarakat desa untuk siap tempa hidup secara sejahtera dan merdeka dengan mengusai ilmu tentang informasi dan teknologi, sedangkan untuk menuju keberhasilan, perpuseru dan Perpustakaan Daerah tidak hanya besar opsi, namun juga memberikan bukti riil dengan memberikan bantuan berupa tiga (3) unit komputer untuk lima (5) desa se-kabupaten Pamekasan beserta perangkat Internetnya yang akan dikelola secara profesional oleh team Perpuseru, Perpustakaan Umum Kab. Pamekasan, dan pengelola perpustakaan desa itu sendiri, 3 (tiga) unit komputer akan di berikan langsung kepada masing-masing desa untuk digunakan oleh masyarakat desa secara umum dan point pentingnya adalah gratis.
Sedangkan firoh perempuan setengah baya peserta delegasi desa pagendingan, mengungkapkan sangat antusias mengikuti acara pelatihan yang diagendakan perpuseru dan perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan, sebab tuturnya penyelenggaraan acara seperti yang dia ikuti (red), sulit untuk ditemukan apalagi yang juga diagendakan dengan penyerahan bantuan unit komputer.
Perasaan senang bahkan bangga firoh rasakan karena pelatihan komputer dan internet dasar semakin menambah kekayaan ilmu pengetahuaan, sehingga rasa mantap dan semangat abdi dia rasakan untuk berkometmen membangun dengan dengan memprioritaskan keberadaan perpustakaan desa yang akan dirintisnya kedepan, dengan menjadikan bahkan mensugesti perpustakaan dan IT merupakan lumbung ilmu guna menguasai dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates